Tips Hadapi Tes Psikotes Agar Sukses

112 views

Tes Psikotes adalah salah satu tes psikologi yang dilakukan untuk mengetahui sifat dan karakter orang yang melakukan tes tersebut. Biasanya, psikotes dilakukan oleh suatu perusahaan untuk menyeleksi tenaga kerja baru. Mereka juga menggunakan psikotes untuk mengetahui karakter dan sifat calon pelamar sehingga tahu apakah ia cocok untuk jabatan di suatu pekerjaan

Fase psikotes ini biasanya menjadi tahapan kedua setelah tes kemampuan dasar yang dimaksudkan untuk mengetahui skill dasar pelamar kerja. Karena anda yang sedang mencari pekerjaan hampir pasti akan melewati psikotes ini, maka ada baiknya anda perlu mengetahui tips sukses hadapi psikotes. Namun, anda juga perlu mengetahui materi-materi yang ada di dalamnya:

1. Jangan Terpaku pada Deretan Perhitungan Angka

Tips psikotes Deretan Perhitungan Angka

Salah satu jenis soal yang ada di psikotes adalah tes logika aritmatika. Pada umumnya, bentuk soal yang akan muncul adalah terdiri dari beberapa deretan angka. Maksud dari soal jenis ini adalah anda dapat menganalisis atau memahami pola tertentu, dan memprediksi angka mana yang ada di deret angka tersebut.

Tips yang bisa dilakukan adalah jangan terpaku pada deretan perhitungan angka saja, namun lihatlah secara keseluruhan karena bisa saja pola deretnya merupakan urutan, loncat satu atau dua, atau penjumlahan. Selain itu, anda juga harus memperdalam kemampuan berhitung dasar melalui pembelajaran dan persiapan menghadapi tes secara mandiri.

2. Melatih Konsentrasi untuk Soal Logika Penalaran

Logika Penalaran Psikotes

Dalam psikotes, juga terdapat soal dengan jenis penalaran yang akan mengetahui sejauh mana kemampuan anda memahami pola gambar dan memprediksi pola yang akan muncul. Soal Logika penalaran ini terdiri dari gambar-gambar beberapa bentuk dua dimensi dan tiga dimensi, lalu menebak pola apa yang akan muncul dari persamaan beberapa gambar tadi.

Dalam mengerjakan soal seperti ini, lagi-lagi dibutuhkan persiapan materi yang cukup dalam. Anda bisa menyiapkan dengan berlatih soal-soal serupa. Selain itu, anda harus berkonsentrasi dan fokus dalam menghadapi tes ini, teliti dan hati-hati karena gambar-gambar yang disajikan pada soal logika penalaran hampir sama.

3. Belajar Banyak Kosakata untuk Soal Analog Verbal

Psikotes soal Analog Verbal

Pada tes psikotes, ada juga bagian yang bernama Analog Verbal Test atau tes kemampuan analogi kata. Pada umumnya,pada bagian ini terdiri dari 40 soal yang terdiri dari sinonim, antonim, atau analogi suatu kata. 

Persiapan materi menjadi kunci utama sukses melewati soal analog verbal yaitu seperti banyak berlatih soal, memperbanyak kosakata baku dan artinya, sinonim dan antonim kata dan penggunaan kata dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Selain itu, mengerjakan soal demikian juga membutuhkan konsentrasi yang tinggi.

4. Konsisten dalam Mengerjakan Tes Kraepelin atau Pauli

Psikotes Tes Kraepelin atau Pauli

Tes Kraepelin atau Pauli merupakan suatu tes dalam psikotes berupa terdapat rangkaian angka-angka yang dibentuk secara membujur dan terdiri atas lajur-lajur. Orang yang mengerjakan tes ini diminta menjumlah dua angka secara vertical, dari bawah atau dari atas tergantung jenis tesnya dalam waktu tertentu. Kestabilan menjadi kunci sukses mengerjakan jenis tes ini.

Banyak berlatih sebelum tes dengan format demikian sangat membantu melatih konsentrasi dalam mengerjakan soal kraepelin dan Pauli. Memang tak bisa dipungkiri jika konsentrasi penuh merupakan hal terpenting untuk mengerjakan suatu psikotes. Selain itu, gunakan pensil yang biasa, bukan pensil mekanis karena lebih nyaman digunakan.

5. Menggambar Orang Secara Utuh

Tes psikotes Menggambar Orang Secara Utuh

Selain tes verbal dan tes menghitung, dalam psikotes juga terdapat tes menggambar. Namun jangan anda pikir, kita bebas akan menggambar apa saja dalam tes ini. Tes menggambar yang sering muncul adalah Draw A Man Test (DAM) atau menggambar manusia. Untuk menyelesaikan tes ini, anda harus menggambar orang secara utuh, yaitu lengkap dengan organ tubuhnya yang terlihat.

Selain itu, orang yang anda gambar harus digambarkan keseluruhannya seperti usia, jenis kelamin, dan pekerjaan yang sedang ia lakukan saat itu. Seperti contohnya, jika anda menggambar seorang petani laki-laki, maka gambarlah petani yang sedang mencangkul, menggunakan caping, dan tunjukkan usianya seperti dengan menambahkan jenggot dan keriput untuk menggambarkan ia tua

6. Menggambar Pohon

Tips tes psikotes Menggambar Pohon

Selain menggambar manusia, biasanya tes psikotes juga meminta anda untuk menggambar pohon. Baca terlebih dulu soal yang ada untuk mengetahui spesifikasi pohon dan kriteria yang diperlukan. Gambarlah sebuah pohon yang memiliki bagian-bagian yang lengkap dari batang, buah, daun, ranting, cabang dan akar. 

Tipsnya, gambarlah secara jelas sebuah pohon nangka, karena pohon tersebut merupakan salah satu contoh tanaman dicotil atau pohon dengan ciri-ciri bagian yang lengkap. Jika tidak memiliki kemampuan menggambar, cobalah untuk melatihnya dan memperhatikan bagian-bagiannya secara detail. Anda bisa melakukan dengan melakukan observasi, seperti memfoto terlebih dulu pohon yang akan anda gambar.

Itulah beberapa tips sukses dalam menghadapi tes psikotes. Selain 6 jenis soal yang ada di atas, masih ada beberapa jenis soal seperti Army Alpha Intelegence Test, Wartegg Test dan EPPS. Pada intinya kunci utama sukses adalah banyak berlatih dan konsentrasi saat mengerjakan. 

Incoming search terms:

  • gambar pohon psikotes dan artinya
  • psikotes gambar
  • cara psikotes menggambar
  • gambar manusia dan pohon tes psikotes
  • gambar psikotes
  • psikotes gambar orang petani
  • psikotes gambar orang
  • gambar tes orang
  • gambar tanaman psikotes
  • tes gambar psikotes

Leave a reply "Tips Hadapi Tes Psikotes Agar Sukses"

Author: 
    author
    Suka mengaji dan Menulis