Cara Menghilangkan Iklan di HP Tanpa Ribet

50 views

Anda pasti pernah mengalami saat sedang berselancar di internet menggunakan handphone, tiba-tiba muncul iklan di layar handphone anda. Hal tersebut merupakan salah satu ciri bahwa smartphone anda terkena serangan malware. Kejadian tersebut pastinya membuat anda kesal. Karena handphone biasanya berhenti sejenak dan tidak bisa diklik apapun.

Malware merupakan sebuah program yang diciptakan untuk merusak, menggandakan, mencuri, menghapus, menyembunyikan atau mengubah data sebuah hardware, dalam kasus ini adalah handphone anda. Lalu bagaimana cara menghilangkan iklan akibat malware tersebut? Berikut cara menghilangkan iklan di hp tanpa ribet:

Pengaturan Google Chrome

Langkah pertama untuk menghilangkan iklan adalah dengan pengaturan Google Chrome. Cara ini cocok bagi anda yang menggunakan browser Google Chrome sebagai browser default. Pada browser Google Chrome terdapat fitur untuk menghilangkan iklan yang bisa anda atur dengan mudah, sehingga menghilangkan iklan saat browsing tidak perlu melakukan root.

Berikut ini cara menghilangkan iklan di HP di browser Google Chrome:

  • Jalankan aplikasi browser Google Chrome.
  • Klik Options
  • Arahkan kursor ke tiga titik pojok kanan atas, lalu pilih Settings atau pengaturan
  • Pilih Site Settings>Pop Ups>Klik Blocked. Jika perangkat android anda berbahasa Indonesia maka Settings> Setelan Situs> Pop Ups> Klik DIblokir.
  • Anda juga bisa memblokir iklan dari situs tertentu, yakni pada pilihan Ads yang ada di bawah piliham Pop-ups and redirects. Klik toggle yang ada hingga berwarna abu-abu dan iklan sudah terblokir.
  • Selain itu, anda turut bisa menghilangkan pemberitahuan atau notifikasi dari situs tertentu yang tak diinginkan. Pada menu Site Settings, pilih opsi notifications. Lalu kemudian klik toggle yang ada hingga berwarna abu-abu dan ada keterangan blocked.

Menghilangkan Iklan dengan Bantuan Aplikasi

blokir iklan pakai noroot firewall

Selain menggunakan pengaturan Google Chrome, anda juga bisa menghilangkan iklan di hp dengan memanfaatkan bantuan aplikasi pihak ketiga. Anda hanya perlu mengunduh terlebih dulu aplikasi tersebut di Google Playstore secara gratis. Salah satu contohnya adalah dengan menggunakan aplikasi NoRoot Firewall.

  • Langkah pertama yakni tentu saja mengunduh dan menginstal Aplikasi NoRoot Firewall.
  • Setelah langkah pertama, segera jalankan aplikasi tersebut.
  • Masuk ke jendela aplikasi, pilih tab Apps maka akan terlihat daftar aplikasi yang ada di smartphone anda.
  • Langkah selanjutnya adalah memilih aplikasi mana saja yang ingin anda blokir.
  • Tandai satu-satu aplikasi dengan mengusapnya (akan ada tanda xx)
  • Maka otomatis aplikasi yang anda pilih tersebut telah terblokir dari iklan

Aplikasi yang juga bisa digunakan adalah aplikasi Adblock Browser. Aplikasi ini dirancang agar bisa digunakan untuk browser lain selain Google Chrome. Anda tidak perlu melakukan berbagai pengaturan seperti aplikasi yang sudah dijelaskan di atas. Cukup mendownload di Google Play Store, dan kemudian gunakan AdBlock Browser untuk browsing.

Dengan menggunakan aplikasi ini, iklan-iklan yang muncul secara tiba-tiba dan mengganggu kenyamanan browsing anda tidak akan muncul. Karena pembuat aplikasi ini sudah mendesain agar proses browsing tak terganggu oleh iklan.  

Pengaturan UC Browser

cara blokir iklan di uc browser

Untuk pilihan lain, anda bisa melakukan pengaturan UC Browser agar iklan tidak muncul di h panda saat browsing, UC Browser merupakan salah satu browser yang juga memiliki fitur untuk menghilangkan iklan. Berikut langkah-langkahnya untuk membebaskan kegiatan browsing anda dari iklan yang menganggu:

  • Langkah pertama yakni buka aplikasi UC Browser anda.
  • Klik tombol tiga garis tumpuk yang ada tepat di tengah jendela UC Browser.
  • Kemudian pilih Add-ons.
  • Pada bagian atas, pilihlah AdBlock, aktifkan. Aktifkan juga Powerful Adblocker, maka segala jenis iklan yang mengganggu proses browsing anda tidak akan lagi muncul.

Pengaturan Keamanan

Blokir iklan melalui sumber tidak jelas

Metode terakhir, cara yang bisa ditempuh adalah dengan melakukan pengaturan keamanan pada hanphone anda. Jika perangkat anda menggunakan bahasa Inggris, maka gunakan menu Security Settings. Dengan pengaturan ini, tidak hanya memblokir iklan-iklan yang akan muncul, tetapi juga menghalangi aplikasi selain dari sumber terpercaya untuk terpasang di hp.

Caranya yakni dengan masuk ke menu pengaturan. Terus scroll ke bawah hingga menemukan pengaturan pengamanan atau Security Settings. Kemudian pilih “jangan izinkan install aplikasi dari sumber yang tidak jelas.” Dengan mencentangnya. Handphone anda akan terlindungi dari aplikasi di luar sumber tak jelas.

Demikian berbagai cara menghilangkan iklan di hp yang telah kita bahas. Perlu diketahui, setelah melakukan hal-hal di atas, anda juga pastinya tidak ingin terkena perangkat anda terserang malware. Oleh karena itu biasakan untuk terus meng-update aplikasi di hp. Sebab pembaruan aplikasi biasanya menyertakan sistem keamanan yang terus meningkat untuk aplikasi tersebut.

Selain itu, pastikan sumber yang jelas sebelum mengunduh dan memasang aplikasi di handphone. Juga perhatikan saat memakai jaringan WiFi umum, yang terkadang tidak aman dan bisa memasukkan malware. Untuk amannya, sebaiknya memakai VPN untuk melindungi data anda.

Leave a reply "Cara Menghilangkan Iklan di HP Tanpa Ribet"

Author: 
    author
    Suka mengaji dan Menulis